Himsos Berbagi dalam Rangka Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial dan Hari Ibu

         
         

Dalam rangka memperingati hari kesetiakawanan sosial indonesia dan hari ibu, yang jatuh pada tanggal 20 dan 22 desember mahasiswa FKIP Pendidikan Sosiologi melakukan kegiatan aksi sosial dengan agenda berbagi nasi bagi orang yang membutuhkan atau biasanya mereka menamakan agenda HIMSOS berbagi.
Dalam kegiatan ini HIMSOS yang menyelenggarakan agenda tersebut bekerjasama dengan HIMBASI (Pendidikan mahasiswa Bahasa Indonesia), HIMDIKA (Himpunan mahasiswa Pendidikan Kimia), HMPPDE (Himpunan Pendidikan Ekonomi), dan HMS FISIP (Sosiologi).
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dipayungin oleh Kabid Sosmas yaitu Retno Yuli Setyowati, dana untuk kegiatan ini sendiri berasal dari penggalangan dana yang dilakukan oleh HIMSOS beberapa hari sebelum kegiatan ini dimulai. Dengan total uang yang terkumpul lebih dari 1 juta rupiah. Alasan mengapa Himsos memilih melakukan pembagian nasi bungkus kepada masyarakat prasejahtera karena akan menimbulkan rasa simpati dan empati mahasiswa, terutama mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang dituntut untuk memahami bagaimana kehidupan masyarakat sosial saat ini.
“Untuk saat ini banyak sekali tantangan ibu untuk menjaga anak-anaknya, karena zaman dulu dan zaman sekarang tentu tugas seorang ibu sangat berbeda. Apalagi sekarang ini seorang anak saja sudah dihadapkan dengan kecanggihan gadget. Harapan saya semoga dengan peran seorang ibu atau perempuan diseluruh Indonesia mampu mengubah dan membentuk kepribadian anak yang lebih baik, dengan banyaknya pengaruh teknologi yang ada,“ ujar Retno Yuli Setyowati selaku CEO SOSMAS HIMSOS (22/12/2016).
Sebagai tahap awal, HIMSOS memutuskan untuk memberikan kebutuhan yang paling mendasar terlebih dulu yaitu makanan dengan total penerima bantuan sekitar dua ratus lebih atau lebih tepatnya 220 masyarakat prasejahtera. Masyarakat prasejahtera yang menerima bantuan ini sangat bersyukur dan senang, mereka berharap kedepannya ini bisa menjadi agenda tahunan dan mencakup skala yang lebih besar lagi.
Himsos berbagi di persimpangan jalan
“Harapan yang ingin didapatkan dari kegiatan ini adalah untuk menjadi pengingat kepada mahasiswa Khususnya yang terlibat pada aksi tentang peringatan hari kesetiakawanan sosial indonesia dan hari Ibu, serta menjadikan hari ini sebagai momentum kepada mahasiswa untuk mampu merasakan indahnya berbagi,“ ujar Aris Mudiansyah selaku ketua HIMSOS.
Kegiatan yang diselenggarakan tersebut ada 3 rute yaitu Adisucipto, Tanjung Raya dan Imam Bonjol. Setiap rute terdapat 30 orang yang terdiri dari mahasiswa pendidikan sosiologi, pendidikan kimia, pendidikan ekonomi FKIP dan FISIP Sosiologi. Tidak hanya membagikan nasi di tepi jalan, Himsos juga blusukkan ke perkampungan kumuh dan sawah. Melihat ibu tua yang bekerja keras, tentunya  hal ini akan menimbulkan empati yang membantu mengembangkan simpati mahasiswa.
Himsos berbagi pada ibu yang bekerja sebagai pemulung

Himsos blusukan
Kepala Prodi Pendidikan Sosiologi Bapak Dr. Imran M,Kes selalu mendukung kegiatan mahasiswanya yang bersifat positif tersebut. Respon pihak Universitas Tanjungpura serta warga masyarakat juga sangat baik.
“Saya setuju saja dengan kegiatan mahasiswa saya, tentunya yang bersifat positif, dan saya mendukung kegiatan seperti ini berbagi kepada orang yang membutuhkan,“ ujarnya.
Berikut ini dokumentasi Himsos Berbagi
Himsos Berbagi pada pedagang kaki lima



Himsos Berbagi kepada tukang becak

Himsos Berbagi pada tukang tambal ban

Foto bersama masyarakat prasejahtera

Semoga kedepannya agenda Himsos lainnya juga memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat dan bisa lebih baik lagi dari ini.


Ditulis oleh : Laula Ika Setya Rahma (Staff MCH)
Dokumentasi : MCH

Comments

Popular posts from this blog

GBHO DAN GBHK HIMSOS FKIP UNTAN

ARTI LOGO HIMSOS

STRUKTUR KEPENGURUSAN HIMSOS FKIP UNTAN PERIODE 2016/2017