Rangkaian Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat HIMSOS 2017



Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FKIP Untan baru saja selesai melaksanakan Pengabdian Pada Masyarakat di Kabupaten Sambas, Kec. Teluk Keramat Desa Trimandayan, Dusun Saiyung, terhitung sejak 23 Januari 2017 sampai 28 Januari 2017 dengan total jumlah peserta sebanyak 68 orang.
Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh Tridarma Perguruan Tinggi yaitu sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan mendukung program kerja Pengembangan Studi prodi Pendidikan Sosiologi.
Pengabdian Pada Masyarakat merupakan agenda wajib yang dilakukan setahun sekali oleh prodi Pendidikan Sosiologi, dengan tema ‘Meningkatkan SDM yang berkarakter, berkualitas, dan berkompeten untuk menghadapi perubahan Sosial dan Budaya’.

Doc : Makan Siang Bersama

Dalam kegiatan ini yang menjadi sasaran adalah masyarakat secara umum dan siswa sekolah secara khusus, penindak dalam kegiatan ini adalah panitia dan peserta yang merupakan mahasiswa aktif Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Tanjungpura. Peserta PPM merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi angkatan 2016. Di sini mereka diajarkan bersosialisasi dan mengajar di sekolah.
Kegiatan yang berlangsung selama enam hari ini berjalan dengan baik sesuai rangkaiannya, kegiatan ini didukung oleh pihak Universitas Tanjungpura, aparat desa setempat serta masyarakat.  Beberapa rangkaian kegiatan berupa home visite, yang mengajarkan kepada peserta untuk bersosialisasi pada masyarakat serta mendata dalam bentuk angket mengenai segala hal yang berhubungan dengan Sosiologi dalam masyarakat yang dipandang melalui sisi etnik, pembangunan, dan pendidikan.
Dengan ini mahasiswa diajak untuk berkontribusi memberikan saran atau solusi untuk memecahkan masalah-masalah masyarakat setempat terkait hal tersebut.
Home visited ke rumah warga (1)

Home visited ke rumah warga (2)

Selanjutnya pada hari kedua diadakan Seminar Nasional Pendidikan pada hari yang sama, seminar tersebut dihadiri oleh pengajar setempat dengan mengusung tema ‘Metode Student Centered Learning oleh Guru Menuju Teknik Belajar yang Kreatif, Konstruktif dan Produktif’. Adapun pembicara dalam seminar nasional ini adalah dosen-dosen dari Prodi Pendidikan Sosiologi dan guru-guru setempat sangat senang bisa mendapat kesempatan menghadiri seminar tersebut.
Doc : Seminar Guru oleh dosen Prodi Pendidikan Sosiologi

Pada hari keempat peserta diajarkan untuk terjun langsung dalam lingkup sekolah, mereka belajar menyampaikan sesuatu kepada siswa serta memotivasi siswa di desa untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi. Sosialisasi tersebut mengharapkan ke depannya peserta dapat menjadi pribadi yang fleksibel ketika berhadapan dengan siswa dan mampu menyampaikan materi yang kelak akan ia ajarkan di sekolah. 
Doc : Sosialisasi di sekolah setempat


Kegiatan ini juga mengadakan waktu bagi peserta berolahraga bersama siswa-siswi sekolah dan bakti lingkungan berupa gotong-royong yang dilakukan bersama-sama masyarakat dengan harapan peserta dapat lebih pandai berinteraksi dan beradaptasi pada lingkungan bermasyarakat. 
 Doc: Olahraga Bersama

Doc : Bakti Lingkungan (1)

Doc : Bakti Lingkungan (2)

Pada malam terakhir juga diselenggarakan Pentas Seni yang dihadiri oleh masyarakat sekitar, pada pentas seni ini, peserta, panitia dan masyarakat membaur dan bersama-sama menampilkan pagelaran apik yang dinikmati bersama.
Doc : Keramaian masyarakat menghadiri Pagelaran Seni (1)

Doc : Keramaian masyarakat menghadiri Pagelaran Seni (2)

Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi kembali ke Kota Pontianak pada hari Sabtu, 28 Januari 2017. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan selepas PPM, peserta dapat memposisikan diri mereka sebagai calon guru dan pemecah masalah-masalah di dalam masyarakat.

Ditulis oleh : Staff MCH
Dokumentasi : Panitia PPM 2017

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

GBHO DAN GBHK HIMSOS FKIP UNTAN

ARTI LOGO HIMSOS

STRUKTUR KEPENGURUSAN HIMSOS FKIP UNTAN PERIODE 2016/2017