ANALISIS FENOMENA SOSIAL
“WACANA MODUS TEROR BARU DALAM KASUS BOM DI AREA SARINAH”
DIKAJI MELALUI PRESFEKTIF TEORI SOSIOLOGI KLASIK

Penulis : Iwan Ramadhan
Mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Sosiologi
FKIP UNTAN



Emile Durkheim teori bunuh diri

Bunuh Diri dalam Kesatuan Politik. Dari data yang dikumpulkan, Durkheim menyimpulkan bahwa di dalam situasi perang, golongan militer lebih terintegrasi dengan baik, dibandingkan dalam keadaan damai. Sebaliknya dengan masyarakat sipil.

Analisis

Ketika di analisis mengenai teror bom yang terjadi di Sarinah, saya mengindikasikan bahwa hamper sama dengan perang, ketika dulu adanya yang berperang dengan istilah jihad melawan kaum kafir seperti di bom Bali dan sebagainya, hal ini juga hampis sama, mereka mengatakan berperang yang sebenarnya sudah direncanakan dengan baik, namun seperti yang kita lihat rencananya tidak berjalan sesuai dengan rencana bom meledak sebelum waktunya dan jelas yang menjadi pelaku tewas ditempat karena bunuh diri dengan membawa bom tersebut, ini artian saya dalam menganalisis kasus bom di Sarinah.

Karl Marx Teori Dialektika

Suatu pandangan mengenai pertentangan antara tesisi dan anti tesisi titik temunya akan membentuk tesis baru yang bertentangan begitu seterusnya atau pertentangan antara dus kelas yakni kelas yang memiliki dan menguasai alat produksi dan kelas yang tidak memiliki dan menguasai alat produksi, hal ini akan berjalan terus kalau belum terbentuk masyarakat utopia (masyarakat sosialis atau komunis).


Analisis

Dalam teori ini menunjukkan pertentangan mengenai dua kelas yang berbeda namun kita juga bisa menggunakan teori ini dengan menganalisis modus terror baru dalam kasus bom di area Sarinah, bahwa terdapat oknum-oknum tertentu yang menentang kebijiakan-kebijakan pemerintahan yang ada pada saat sekarang, dan salah satu caranya adalah dengan meneror bom di ibu kota, memang tidak memakan korban jiwa namun kejadian ini sangat menghebohkan baik seluruh penjuru Indonesia. Kaitannya dengan ISIS juga dilibatkan dalam kasus bom ini, berita ini merupakan salah satu dari oknum yang menentang dengan kebijikan pemerintah dan akhirnya melalakukan teror-teror tersebut.

Menurut Emile Durkheim

Solidaritas mekanik

Solidaritas mekanik dibentuk oleh hukum represif (pelaku suatu kejahatan atau perilaku menyimpang akan terkena hukuman, dan hal itu akan membalas kesadaran kolektif yang dilanggar oleh kejahatan itu). karena anggota masyarakat jenis ini memiliki kesamaan satu sama lain, dan karena mereka cenderung sangat percaya pada moralitas bersama, apapun pelanggaran terhadap system nilai bersama tidak akan dinilai main-main oleh setiap individu. Pelanggar akan dihukum atas pelanggaranya terhadap system moral kolektif.  Meskipun pelanggaran terhadap system moral hanya pelanggaran kecil namun mungkin saja akan dihukum dengan hukuman yang berat.

Analisis

Menurut saya teori solidaritas cocok didasarkan pada kelompok teroris bom Sarinah, mengapa demikian, karena system yang dilakukan oleh kelompok bom ini, merupakan kejahatan atau perilaku menyimpang yang membahayakan bagi masyarakat, mereka tidak sama sekali memikirkan satu tanah air dan bangsa, tetapi karena sudah diberikan wejangan dari pendirinya atau sudah dihipnotis untuk bisa melakukan terorisme di wilayah kita.

Marx : Konflik dan teori kelas sosial

Marx sering menggunakan istilah kelas di dalam tulisan tulisannya, tetapi dia tidak pernah mendefinisikan seara sistematis apa yang dimaksud dengan istilah ini. Kelas sosial atau golongan sosial merujuk kepada perbedaan hierarkis (atau stratifikasi) antara insan atau kelompok manusia dalam masyarakat atau budaya. Biasanya kebanyakan masyarakat memiliki golongan sosial, namun tidak semua masyarakat memiliki jenis-jenis kategori golongan sosial yang sama. Berdasarkan karakteristik stratifikasi sosial, dapat kita temukan beberapa pembagian kelas atau golongan dalam masyarakat. Beberapa masyarakat tradisional pemburu-pengumpul, tidak memiliki golongan sosial dan seringkali tidak memiliki pemimpin tetap pula. Oleh karena itu masyarakat seperti ini menghindari stratifikasi sosial. Dalam masyarakat seperti ini, semua orang biasanya mengerjakan aktivitas yang sama dan tidak ada pembagian pekerjaan.

Comments

Popular posts from this blog

GBHO DAN GBHK HIMSOS FKIP UNTAN

ARTI LOGO HIMSOS

STRUKTUR KEPENGURUSAN HIMSOS FKIP UNTAN PERIODE 2016/2017